Kabupaten Cilacap




Postingan pertama yang saya angkat mengenai Kabupaten Cilacap, alasan utamanya karena kepindahan saya bersama istri dan anak ke kabupaten ini terhitung juli 2019 dikarenakan lulus CPNS di Politeknik Negeri Cilacap. Perjalanan saya meraih/lulus CPNS akan saya tulis di postingan Berikutnya.

Kabupaten Cilacap merupakan salahsatu kabupaten terluas di Jawa Tengah, kurang lebih 6,2% dari total wilayah Provinsi Jawa Tengah atau seluas 2.385 km2. Berbatasan langsung dengan Jawa Barat, sehingga membuat kabupaten cilacap menjadi pertemuan Budaya antara Jawa (Banyumasan) dengan Budaya Sunda ( Priangan Timur), berbatasan dengan kabupaten Brebes dan Kabupaten Banyumas di sebelah Utara, Samudra Hindia di sebelah selatan, berbatasan dengan Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran (Jawa Barat) disebelah Barat, Berbatasan dengan Kabuaten Banyumas dan Kebumen di sebelah Timur



Sebagian penduduk Kabupaten Cilacap bertutur dalam bahasa Sunda, terutama di kecamatan-kecamatan yang berbatasan dengan Jawa Barat, seperti Dayeuhluhur, Wanareja, Kedungreja, Patimuan, Majenang, Cimanggu, dan Karangpucung, dikarenakan bahwa pada masa lalu wilayah kabupaten ini adalah bagian dari Kerajaan Galuh. Ini tercatat dalam sebuah naskah kuno primer Bujangga Manik yang saat ini disimpan pada Perpustakaan BodleianOxford UniversityInggris sejak tahun 1627. Naskah ini menceriterakan perjalanan Prabu Bujangga Manik, seorang pendeta Hindu Sunda yang mengunjungi tempat-tempat suci agama Hindu di pulau Jawa dan Bali pada awal abad ke-16. Di zaman dulu batas Kerajaan Sunda di sebelah timur adalah sungai Cipamali (yang saat ini sering disebut sebagai kali Brebes) dan sungai Ciserayu (yang saat ini disebut Kali Serayu) di Provinsi Jawa Tengah.

Lebih lengkap mengenai Kabupaten dan Kota Cilacap bisa mengunjungi https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Cilacap dan https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Cilacap

Kabupaten Cilacap memiliki Potensi yang sangat besar atau masih bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi pada sektor Industri, Pendidikan, Perikanan, Pertanian, Industri Kreatif dan Sektor Pariwisata. Postingan berikutnya akan saya bahas mengenai beberapa Perusahan/Industri, Pendidikan dan  beberapa tempat wisata di cilacap yang masih bisa dikembangkan.



Komentar